Tips & Cara Membuat Slide Presentasi Menarik Lewat Power Point 2010 Bagi Pemula

antivirus-contactnumber.com – Tahukah Anda bahwa saat ini hampir setiap jenis pekerjaan pada organisasi atau perusahaan membutuhkan yang namanya presentasi. Tak hanya itu, rupanya para pelajar dan mahasiswa pun juga membutuhkannya. Nah, salah satu hal penting perlu disiapkan bagi para presenter adalah materi presentasi yang disajikan dalam bentuk slide untuk ditayangkan menggunakan proyektor.

Nah, salah satu program aplikasi paling sering digunakan masyarakat untuk membuat presentasi adalah Micorosft PowerPoint. Tak lain dan tak bukan karena aplikasi tersebut umumnya terpasang pada setiap jenis perangkat komputer. Apabila Anda masih belum terlalu mengerti cara menggunakannya berikut kami sajikan informasi mengenai cara membuat Power Point menarik.

Selamat membaca!

Tutorial Cara Membuat Power Point Menarik untuk Pemula

Bagi pemula yang belum terlalu awam dengan program pembuatan slides presentasi, berikut kami jelaskan langkah-langkah membuatnya melalui Power Point tahun 2010 secara mudah dan sederhana dengan bantuan template bawaan aplikasi tersebut.

  1. Bukalah program aplikasi Micorosoft PowerPoint pada komputer atau laptop.
  2. Bukalah tab menu “Design”, lalu pilihlah tema atau template PowerPoint yang tersedia sesuai keinginan Anda.
  3. Setelah itu, halaman kerja PowerPoint akan berubah sesuai dengan template pilihan Anda.
  4. Pada slide pertama, Anda akan disajikan halaman dimana terlihat berbeda. Pada slide pertama tersebut, silakan ketikkan judul dan subjudul sesuai kebutuhan. Kotak yang mengandung teks besar pada bagian tengah dapat digunakan untuk posisi judul, sementara kotak lebih kecil ukuran teksnya dapat diisi dengan subjudul.
  5. Untuk menambahkan halaman baru, silakan masuk ke tab menu “Home”, lalu klik opsi “New Slide”. Selanjutnya akan ditampilkan menu dropdown dimana berisi sejumlah pilihan layout dimana masih satu desain dengan slide pertama sebelumnya. Ada beberapa jenis halaman yang akan ditampilkan, antara lain adalah sebagai berikut.

 

  • Title Slide

 

  • Title and Content
  • Section Header
  • Two Content
  • Comparison
  • Title Only
  • Blank
  • Content with Caption
  • Picture with Caption

 

 

  1. Silakan ketikkan teks atau tambahkan konten lain ke dalam halaman sesuai kebutuhan. Anda dapat menambahkan konten berupa gambar, animasi bergerak, tabel atau diagram, suara, video, dan lain sebagainya ke dalam halaman. Untuk melakukannya, silakan masuk ke tab menu “Insert”, lalu pilihlah opsi mana yang menginput sesuai jenis kontennya.
  2. Selain menginput konten, Anda juga dapat mengatur ukuran, jenis, dan gaya teks pada PowerPoint melalui menu “Font” pada tab menu “Home”.
  3. Jika proses pembuatan slide selesai, silakan tambahkan transisi slide dengan mengeklik tab menu “Transitions”. Kemudian pilihlah jenis transisi sesuai keinginan untuk diterapkan pada setiap halaman. Ada berbagai pilihan jenis transisi pada “Transition to This Slide”, silakan pilih sesuka hati. 
  4. Silakan klik menu “File”, lalu “ Save as”. Setelah muncul kotak dialog “Save as”, silakan tentukan lokasi penyimpanan berkasnya, lalu ubah nama berkas, dan terakhir klik “OK”.

Tips Menghasilkan Presentasi Power Point nan Menarik

  1. Buatlah rancangan isi konten serta siapkan bahannya terlebih dahulu 
  2. Gunakan template bawaan yang menarik atau dapat mengunduhnya di internet
  3. Pastikan jumlah teks dalam slide tidak terlalu banyak alias hanya poin pentingnya saja
  4. Mainkan kekuatan visual dengan memanfaatkan fitur-fitur yang ada seoptimal mungkin

Baca Juga : Trik dan Langkah Mudah Menghapus Cache Di Chrome

Nah, demikian itu dia penjelasan mengenai cara membuat Power Point menarik beserta tipsnya bagi pemula yang dijamin berhasil. Kini saatnya Anda mempraktikkan tutorial di atas untuk menghasilkan karya Anda sendiri. Semakin sering praktik maka kita bisa semakin “Pro” sehingga nantinya bisa membuat slides hasil desain sendiri. Selamat mencoba dan berkreasi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *