Cara Mengatasi WC Mampet Tanpa Alat Sedot

antivirus-contactnumber.com – Pernahkan di rumah Anda mengalami WC tersumbat ketika Anda mem flush atau menyiramnya dengan air setelah buang air kecil maupun air besar? Kemungkinan besar WC Anda mengalami tersumbat. Jika hal ini terjadi sudah pasti membuat kesal. Tidak hanya itu saja, namun akan menyebabkan biang bau busuk di rumah Anda karena kotoran tidak dapat masuk ke septic tank. 

Cara Mengatasi WC Mampet Tanpa Alat Sedot
Cara Mengatasi WC Mampet Tanpa Alat Sedot

Penyebab utama dari WC tersumbat diantaranya adalah septic tank sudah penuh, kebiasaan membuang tisu atau pembalut ke dalam lubang toilet. Agar masalah itu tidak terjadi, sebaiknya Anda tidak membuang kotoran apapun ke dalam lubang WC. Lalu bagaimana cara mengatasi WC mampet jika memang sudah terlanjur? 

Cara Mengatasi Masalah WC Mampet yang Tepat

Hal yang paling mudah untuk mengatasi masalah WC yang mampet yaitu memanfaatkan jasa sedot WC. Akan tetapi Anda harus mengeluarkan budget yang tidak sedikit. Maka dari itu ada beberapa cara alternatif untuk mengatasinya dan dijamin WC tidak akan mengalami mampet lagi. Untuk lebih jelasnya, simak 5 langkah berikut ini!

  • Memanfaatkan air panas dan sabun untuk cuci piring

Anda cukup menyediakan satu gelas sabun untuk cuci piring, handuk  dan air panas secukupnya. Handuk tersebut digunakan untuk melingkari lubang toilet untuk menampung tumpahan air yang keluar dari WC. 

Caranya, Anda tuangkan sabun ke dalam lubang WC dan biarkan sabun mengendap. Sabun ini berfungsi untuk mengatasi saluran pipa yang tersumbat. Setelah itu, siram dengan air panas sebanyak-banyaknya dan biarkan sekitar 20 menit.  Kemudian Anda coba siram dengan air untuk mengetahui apakah WC masih mampet atau sudah teratasi.  Lakukan cara ini sampai WC normal kembali.

  • Memanfaatkan cuka dan soda

Soda dan cuka merupakan bahan pembersih yang wajib ada di dapur. Biasanya digunakan untuk membersihkan kotoran yang membandel hingga mengatasi masalah wastafel yang tersumbat. Kedua bahan kombinasi tersebut juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi masalah WC tersumbat. 

Caranya, tuangkan satu cangkir baking soda pada permukaan air WC dan biarkan hingga mengendap. Setelah itu Anda tuangkan cuka sampai merata. Saat melakukan cara ini, maka Anda dapat melihat bagian gelembung-gelembung akibat reaksi dari kedua bahan yang tercampur tersebut. Anda harus pastikan gelembung-gelembung itu keluar dari lubang WC.

Sebelum Anda melakukan flush WC sebaiknya dibiarkan terlebih dahulu kurang lebih 1 jam. Jika masih tersumbat, maka Anda bisa menambahkan kedua bahan tersebut dan didiamkan kembali hingga pagi hari. Setelah pagi hari, maka Anda akan menemukan lubang WC yang sudah lancar.

  • Menggunakan gantungan baju bahan kawat

Untuk mengatasi lubang toilet yang tersumbat tidak hanya menggunakan bahan cair. Akan tetapi ada cara yang begitu unik yaitu menggunakan gantungan baju yang berbahan kawat. Cara ini bisa dilakukan jika yang mampet letaknya tidak terlalu jauh dari lubang luar WC. 

Cara mengatasinya, ambil gantungan baju kawat. Kemudian selotip secara merata agar tidak merusak permukaan WC. Metode ini dilakukan dengan tujuan untuk mendorong benda yang menyebabkan mampet dan menghalangi aliran air. 

 Baca Juga : 5 Cara Mengatasi Susah Tidur yang Wajib Dicoba!

Dengan mengetahui 3 cara mengatasi WC mampet yang telah dibahas di atas, maka Anda tidak akan bingung lagi jika tiba-tiba terjadi masalah seperti itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *